Saturday, January 6, 2018

ALGORITMA PEMROGRAMAN LENGKAP

Sipemalas.com - Konsep Algoritma
Istilah algorima sebenarnya berasal dari kata "
algorism" yang merupakan panggilan populer bangsa Eropa terhadap seorang ahli matematika muslim dari Jazirah Arab bernama Abu Ja'far Muhammad Ibnu Al-Khwarizmi yang hidup di abad ke-19. Beliau terkenal dalam berbagai karya tulisnya tentang bagaimana memecahkan dan menguraikan setiap permasalahan dalam hitungan menggunakan alur pikiran yang sistematis. Pada perkembangannya, konsep pemikiran Al-Khwarizmi dalam menguraikan dan memecahkan permasalahan secara logis dan matematis ditetapkan secara keilmuan sebagai sebuah metode algoritma dalam menjalankan proses kerja mesin komputer. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalaha yang disusun secara sistematis dan logis.




Baca Juga : Cara Verifikasi Blog MWB ke Google Webmaster Tools

Struktur Penulisan AlgoritmaUntuk menjadi seorang pemrogram mesih komputer, seseorang harus mengerti konsep algoritma dan merancangnya. Ada beberapa metode penulisan dalam merancang algoritma, yaitu :
1. Menggunakan bahasa alami atau natural language (bahasa Inggris, Indonesia, atau bahasa lainnya),
2. Menggunakan bagan alir dokumen atau flowchart, dan
3. Menggunakan notasi pseudocode

Struktur penulisan algoritma terdiri dari tiga bagian berikut.

1. Bagian Kepala atau Header
Bagian ini menandakan awal permulaan sebuah algoritma. Biasanya berisi judul algoritma yang memiliki spesifikasi program. Biasanya diawali dengan keyword "Program" diikuti judul program. Sebaiknya dalam penulisannya lebih ringkas dan padat, namun memberikan gambaran jalannya program yang dikerjakan.

2. Bagian Pendeklarasian
Pada bagian ini merupakan tahap pernyataa dan penentuan beberapa jenis variabel, konstanta, dan tipe data bentukan yang selanjutnya akan digunakan pada beban utama program.

3. Bagian Badan Algoritma
Bagian ini menunjukkan untaian proses yang dilakukan. Biasanya berupa proses computing (perhitungan), perulangan, penyelesaian, maupun proses percetakan output program pada peranti output misalnya monitor.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, tangan sudah pegal biggrin, Terima Kasih

Previous
Next Post »
 
Atas