Si pemalas belajar ngeblog , tutorial komputer , tutorial android , update informasi terbaru dan berbagi tips trik.

Jumat, 28 April 2017

Cara Menggunakan Terminal Emulator Tanpa Root

Sipemalas.com - Masih belum tau cara menggunakan Terminal Emulator Android ? Tenang saja, pada artikel ini saya akan membagikan caranya, yaa walaupun saya juga masih belum mahir cara menggunakannya dan tidak terlalu banyak tau kode terminal emulator android. Nah, sebelum kita memulai cara penggunaannya, mari kita mengenal sedikit tentang Terminal Emulator.

Cara Menggunakan Terminal Emulator Android
Apa itu Terminal Emulator Android ? Terminal Emulator merupakan sebuah aplikasi untuk menjalankan perintah-perintah dengan menggunakan bahasa pemrograman linux, fungsinya sama persis seperti Terminal di linux dan Command prompt (CMD) yang ada di windows.

Para geek sering menggunakan aplikasi ini untuk menjalankan kegiatan sederhana, seperti mengecek imei, bahkan ada yang lebih kreatif menggunakan aplikasi ini sebagai tool pendukung internet gratis seperti dari wifi  (entah bagaimana mereka melakukannya, saya tidak paham). Yang salah dari persepsi orang-orang adalah emulator digunakan untuk mempercepat koneksi internet, ini jelas salah.

Perlu kalian ketahui, tidak semua perintah bisa dilakukan pada Terminal Emulator tersebut, karna merek hp dan versi android berbeda sehingga karakternya pun berbeda, terkadang ada beberpa perintah yang error, tidak support atau tidak berfungsi pada beberapa smartphone android. Misalnya tidak bisa masuk root.

Apa saja yang bisa kita lakukan dari Terminal Emulator ini ?

Saya sebutkan beberapa perintah yang bisa dilakukan dengan menggunakan terminal emulator:

1. Melihat dan mengecek android kita sudah di root atau belum
2. Bisa mengecek swap ram berhasil atau tidak
3. Bisa untuk membaca flashdisk yang menunggkan kabel OTG
4. Mematikan serta restart android kita
5. Bisa juga masuk ke recovery ( CWM ) dari emulator
6. Bisa untuk instal ROM
7. Menignstal aplikasi
8. Restart/Reboot dan mematikan android
9. Membuat, memindahkan dan  menghapus data file text atau folder

Menggunakan terminal emulator android bisa di gunakan tanpa root terlebih dahulu, namun ada batasan-batasan perintah yang tidak bisa kalian gunakan "Menggunakan Terminal Emulator Tanpa Root tidak bisa mengakses semua perintah" intinya terbatas. jika tidak bisa mengakses akan muncul pesan not found.

Dan untuk memulai praktek, silahkan kalian boleh lihat lihat dulu perintah command apa saja yang bisa di gunakan pada aplikasi Terminal Emulator. Lihat disini : Daftar Perintah Terminal Emulator Android

Belajar cara menggunakan Terminal Emulator di Android.

Silahkan siapkan dulu aplikasi terminalnya, bagi yang belum download aplikasinya download terlebih dahulu disini → Download Terminal Emulator.

Contoh cara menggunakan Terminal Emulator

#1. Memeriksa informasi permision

1. Buka aplikasi Terminal Emulator
2. Ketikan pm dan enter
3. Akan terlihat informasinya seperti gambar berikut
Memeriksa informasi permision
#2 Melakukan Ping

Sekali lagi saya tegaskan, fungsi ping ini bukan untuk mempercepat koneksi internet, fungsi ping itu untuk mengecek apakah sudah terhubung ke jaringan internet, server / ke komputer lainya. Berikut saya contohkan Ping DNS milik Google yaitu 8.8.8.8  atau 8.8.8.8.

1. Buka aplikasi Terminal Emulator
2. Ketikan ping 8.8.8.8 lalu enter
3. Akan terlihat informasinya seperti gambar berikut
Melakukan Ping
Info : Untuk belajar lebih tau tentang cara menggunakan terminal emulator, kalian bisa join langsung ke Grup Terminal Emulator yang ada di Google Plus.

Silahkan join disini:
https://plus.google.com/u/0/communities/106164413936367578283

Dan untuk melihat dokumentasi cara penggunaan aplikasi terminal emulator bisa lihat disini : http://github.com/jackpal/Android-Terminal-Emulator/wiki

Itulah artikel singkat penjelasan dan cara menggunakan terminal emulator tanpa harus melakukan root terlebih dahulu. Oke cukup sekian, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar ^_^

 
Atas